Etops | Extended Twin-Engine Operations

ETOPS atau Extended Operations. Istilah yg dipakai untuk Extended Range Option with Two-Engine Airplanes Makna diubah oleh Federal Aviation Administration (FAA) ketika peraturan yg diperluas untuk meliputi pesawat dengan lebih dari dua mesin.


Mengacu pada Standar serta Direkomendasikan praktik (SARPS)
Standards and Recommended Practices (SARPS)
yg dikeluarkan oleh ICAO untuk pesawat seperti
  ➽  Airbus A300, A310, A320, A330 serta A350,
  ➽  Boeing 737, 757, 767, 777, 787
  ➽  Embraer E-Jets
  ➽  ATR 72)

Untuk terbang usang  rute -Jarak yg telah melebihi batas pesawat bermesin ganda, serta operasi jarak diperpanjang pesawat bermesin empat (Boeing 747-8 Intercontinental).

Tingkat Sertifikasi ETOPS, Setiap pesawat memungkinkan untuk terbang pada rute yg memakan sejumlah waktu terbang bermesin tunggal jauh dari bandara terdekat. Contoh, kalau sebuah pesawat disertifikasi  180 menit, diperbolehkan untuk terbang setiap rute tidak lebih dari 60 menit bermesin tunggal waktu terbang ke bandara terdekat.

Peraturan ICAO

Operasi jarak jauh yg diperluas oleh pesawat terbang dengan dua unit daya turbin (ETOPS or EROPS) yakni penerbangan di mana waktu penerbangan pada satu tingkat berkecepatan petampilanan tanpa daya (Kondisi ISA serta udara),dari satu titik pada rute ke Aerodrome Alternatif yg memadai , Lebih besar dari waktu ambang yg disetujui oleh Negara Penyelenggara.


Jika operasi telah disetujui secara khusus oleh Negara Penyelenggara, pesawat terbang dengan dua unit daya turbin tidak boleh, Kecuali kalau disediakan, dipakai pada rute dimana waktu penerbangan pada berkecepatan perjalanan mesin tunggal ke Bandara melebihi ambang waktu yg ditetapkan untuk operasi itu oleh Negara Penyelenggara.
(ICAO Lampiran 6: Pengoperasian Pesawat Terbang, Bab 4, Para 4.7.1)

Untuk menjaga tingkat keamanan yg diharapkan pada rute di mana pesawat terbang dengan dua unit daya diijinkan beroperasi di luar ambang batas, perlu:

  ➤  Sertifikasi Kelaikan Udara 
Jenis pesawat secara khusus memungkinkan operasi melampaui ambang batas,
Mempertimbangkan aspek desain serta keandalan sistem pesawat terbang;
  ➤  Keandalan Sistem Propulsi 
Resiko kegagalan unit daya ganda dari penyebab independen sangat jauh;
  ➤  Persyaratan Pemeliharaan Khusus yg diharapkan dipenuhi;
  ➤  Persyaratan Pengiriman Penerbangan tertentu terpenuhi;
  ➤  Prosedur Operasional Penerbangan
  ➤  Otorisasi Operasional Spesifik diberikan oleh Negara Penyelenggara.

(Lampiran ICAO 6 Lampiran E)
Lampiran E Membahas secara rinci interpretasi yg benar mengenai persyaratan ini.

Terminologi

ETOPS: Akronim untuk Operasi yg Diperluas. hukum yg meningkatkan keamanan dikala terbang di atas wilayah dunia yg mempunyai beberapa bandara yg sanggup dipakai dalam keadaan darurat.


Bandara Pengalihan (Bandara Alternatif): Tempat yg telah dipilih untuk mendarat kalau ada pesawat terbang dalam duduk masalah penerbangan. Bandara pengalih perhatian harus mempunyai kemudahan yg sesuai untuk menangani pesawat serta memenuhi kriteria cuaca minimum.

The 60 Minute Rule

Pesawat Bermesin Ganda Bisa terbang hampir semua rute, selama mereka tinggal dalam waktu 60 menit terbang dari bandara yg cukup untuk mendarat kalau terso keadaan darurat. Jarak 60 menit dihitung dengan memakai berkecepatan pesawat dengan satu mesin yg beroperasi di udara tetap (tidak ada angin). Contoh, B767 yg terbang sekitar 430 mil.

Dekade Terakhir, Sistem pesawat terbang serta mesin telah menso luar biasa andal. Peraturan ETOPS diciptakan untuk memungkinkan pesawat bermesin Ganda terbang melampaui 60 menit dari bandara terdekat pada jalur penerbangannya.

Peringkat ETOPS - Rating dua mesin tipikal yakni ETOPS-120 (Menit) serta ETOPS-180. Semakin tinggi rating, semakin sulit serta mahal untuk mendapatkan persyaratan serta mempertahankan persetujuan.


ETOPS-120 Menit bekerja dengan baik untuk penerbangan panjang, termasuk sebagian besar rute di atas Atlantik Utara. Jika sebuah maskapai ingin menerbangkan rute yg jauh lebih terpencil, ibarat samudera Pasifik, dibutuhkan persetujuan untuk 180 menit ETOPS.


Persetujuan ETOPS

Diberikan oleh otoritas nasional yg merasa puas bahwa pesawat terbang (termasuk mesin) memenuhi standar keandalan tertentu; Bahwa operator telah memutuskan mekanisme yg sempurna untuk mendukung ETOPS; Dan awak pesawat serta staf operasi terlatih dalam Prosedur ETOPS. Persetujuan ETOPS harus ditentukan dalam Sertifikat Air Operator Certificate (AOC).





Artikel Terkait