Waypoint (Navigation)

Titik Arah  Istilah yg dipakai untuk merujuk pada titik tengah atau tempat pada rute atau jalur perjalanan..titik penghentian yg diubah, Penggunaan pertama istilah ini  tahun 1880.

Istilah modern, mengacu pada koordinat yg memilih posisi di dunia pada selesai setiap "Kaki" (Tahap) dari penerbangan udara atau jalur laut, pembangkitan serta pengecekan dilakukan secara komputasi (dengan komputer Atau perangkat terprogram lainnya).


Berkonotasi pada Titik Referensi di Ruang Fisik, dikaitkan dengan Navigasi, Laut atau Udara-

Navigasi LautKoordinat Longitudinal serta Latitudinal atau Titik GPS di perairan terbuka, lokasi bersahabat shoal atau entitas yg dipetakan, Titik jarak tetap dari entitas geografis menyerupai mercusuar atau pintu masuk pelabuhan, dll..
(Bila titik sesuai dengan unsur geografi fisik di darat)

Navigasi Udara, Titik Arah terdiri dari serangkaian Titik GPS Abstrak yg membuat jalan buatan - "Jalan Raya di Langit" - dibentuk khusus untuk tujuan Navigasi Udara yg tidak mempunyai Jelas koneksi ke fitur dunia nyata.

Navigasi Terestrial Koordinat meliputi Garis Bujur serta Lintang.

Waypoint meluas untuk penggunaan Navigasi, semenjak pengembangan Sistem NAVIGASI, Seperti Global Positioning System (GPS) serta Jenis Navigasi Radio. Titik Arah terletak
 ➧  Di Permukaan Bumi didefinisikan dalam 2D Dua Dimensi (Bujur serta Garis Lintang) 
 ➧  Di Atmosfer Bumi atau Di Luar Angkasa didefinisikan paling tidak dalam 3D Tiga Dimensi
     (Empat jikalau Waktu salah satu Koordinat, Untuk beberapa Titik Arah di luar Bumi).

Dengan Global Positioning System

Sistem GPS semakin dipakai untuk membuat serta memakai titik arah dalam navigasi dari segala jenis. Penerima GPS yg khas sanggup menemukan titik arah dengan akurasi tiga meter atau makin elok bila dipakai dengan teknologi pendukung berbasis lahan menyerupai Wide Area Augmentation System (WAAS).


Waypoint ditandai di jadwal pemetaan komputer serta diunggah ke Penerima GPS, ditandai di peta Internal Receiver atau dimasukkan manual keperangkat sebagai Sepasang Koordinat.


Tanpa Global Positioning System

Konsep Waypoint telah dipopulerkan di kalangan Non-Spesialis oleh Pengembang GPS, Digunakan dengan alat bantu navigasi lainnya. Contoh penting ialah penggunaan di seluruh dunia, dalam Olahraga Orienteering, titik arah dengan peta yg menghilangkan sistem koordinat, yg dikenal sebagai titik kontrol.

Navigasi Angkasa Udara, titik arah didahului di sepanjang rute bulat besar pesawat terbang untuk membagi penerbangan menso Rhumb line serta memungkinkan perbaikan biar lebih cepat diambil dengan memakai Metode Intercept Precomputed.


Dunia Penerbangan

Navigasi Area (RNAV) - Metode Navigasi yg memungkinkan pesawat terbang pada jalur yg diinginkan dalam cakupan alat bantu navigasi yg diindikasikan oleh stasiun atau dalam batas kemampuan alat bantu mandiri, atau kombinasi dari metode ini -

Sangat bergantung pada titik arah. RNAV semakin banyak dipakai sebagai metode Navigasi utama untuk pesawat terbang.

RNAVWaypoint adalah Posisi Geografis yg ditentukan, didefinisikan dalam koordinat Lintang / Bujur (Ketinggian diabaikan). 

Waypoint paling sering dipakai untuk mengatakan perubahan arah, berkecepatan, atau ketinggian di sepanjang jalur yg diinginkan.

Prosedur RNAV memakai Fly-Over serta Fly-By Waypoints.

Waypoint  Fly-Over adalah waypoint yg harus disilangkan secara vertikal oleh pesawat terbang.

Waypoint  Fly-By ialah titik arah yg menandai persimpangan dua jalur lurus, dengan transisi dari satu jalur ke jalur lain yg dibentuk oleh pesawat memakai putaran yg dihitung dengan sempurna yg "Dilalui" namun tidak melintasi jalur jalan secara Vertikal.

Titik-Titik dalam penerbangan diberi nama Lima Huruf. dimaksudkan untuk diucapkan atau mempunyai nilai mnemonik, sehingga gampang disampaikan dengan Suara. 

Fitur penting di kawasan tersebut (Misalnya, titik arah di bersahabat Newton, Iowa mempunyai nama "MATAG"; Newton ialah tempat kelahiran vendor alat Maytag).


Perilaku Waypoint

Tujuan Dasar Waypoint 
Dengan melintasi satu set titik arah. Untuk memilih apa artinya mencapai titik temu, serta jari-jari Non-Monotonik ditentukan untuk memilih apa artinya "Cukup Dekat" harus maju ke arah titik arah dicatat untuk didegradasi.

Radius Pengambilan serta Radius Slip.
  ➽  Waypoint yg berhasil mencapai jarak kurang dari jari tangkapan.
  ➽  Titik Jalan yg tidak terjawab menjadikan putaran kembali untuk dicoba lagi.
  ➽  Waypoint yg tidak terjawab namun kedatangan tetap dideklarasikan
        Saat jarak ke titik arah mulai meningkat serta kendaraan berada dalam Radius Slip.












Mode Jalur Trek.
Dalam Mode jalur lintasan, kendaraan mengarah ke titik jalur lintasan daripada menuju titik jalan berikutnya. Titik kemudi ditentukan oleh parameter utama. Ini ialah jarak dari titik persimpangan tegak lurus menuju titik arah berikutnya.













Fungsi Tujuan Waypoint.
Fungsi Objektif yg dihasilkan oleh sikap Waypoint didefinisikan menurut nilai Heading serta Speed yg mungkin. Fungsi Objektif yg mendukung Manuver ke titik arah 270 Derajat dari Posisi Kendaraan serta Kecepatan yg disukai mendekati kisaran berkecepatan yg mumpuni. Kecepatan yg lebih tinggi diwakili lebih jauh secara radial dari pusat.

Output Utama dari sikap Waypoint ialah Fungsi IvP, sejumlah properti Visual pun dipublikasikan untuk kenyamanan dalam pemantauan misi. Ini mencakup 
  ➽  Seperangkat titik arah
  ➽  Titik sikap ketika ini berkembang
  ➽  Jalur pelacak, jikalau trackpoint berikut diaktifkan. 





Artikel Terkait