Cara Mengatasi Baterai Hp Yang Boros

Cara Mengatasi Baterai HP yang Boros - Meningkatkan teknologi smartphone kini ini sering kali meminta korban, ya apalagi kalau bukan baterai. Baterai merupakan “nyawa” dari semua jenis gadget, baik itu tablet maupun HP atau smartphone. Penggunaan smartphone yang berlebihan biasanya  membuat baterai menjadi boros.

Berikut ini akan dishare banyak sekali cara untuk mengatasi baterai HP yang boros sehingga dapat tahan usang (Baca : 10 Tips Agar Baterai HP Awet Tahan Lama).


Matikan fitur yang tidak terpakai

Cek fitur fitur yang ada di smartphone anda, kalau memang tidak digunakan sebaiknya matikan saja. Fitur yang berpotensi menghabiskan daya baterai antara lain Bluetooth, GPS, live wallpaper, WiFi, layanan suara, sinkronisasi dan lainnya.


Cek kecerahan layar

Jika aktifitas anda lebih usang di ruangan, sebaiknya gunakan tigkat kecerahan yang rendah.


Buang widget yang tidak perlu

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah widget yang terpasang di smartphone anda. Jika memang tidak terlalu penting, anda dapat membuangnya.


Cek aplikasi yang berjalan di background

Aplikasi aplikasi yang berjalan di background biasanya menjadi biang keladi habisnya baterai. Ada baiknya kalau anda cek kemudian matikan aplikasi tersebut, atau anda juga dapat sekalian menghapusnya.


Pilih operator yang bagus

Sinyal yang labil biasanya akan menciptakan baterai akan terkuras. Sebab smartphone anda akan mencari netwok secara terus menerus. Oleh sebab itu sebaiknya anda gunakan operator yang mempunyai signal bagus.


Hindari daerah yang bersuhu tinggi

Perhatikan di mana anda meletakkan smartphone anda, suhu lingkungan kuat terhadap kekuatan baterai smartphone.


Scheduled On Off

Jika anda mempunyai fitur ini sebaiknya gunakan. Set 3 atau 4 kali seminggu. Berdasarkan pengalaman penulis cara ini cukup ampuh mengatasi baterai boros yang datang tiba (akibat jatuh atau yang lainnya).


Kalibrasi baterai

Jika smartphone anda tidak mempunyai fitur di atas, anda dapat memakai sebuah aplikasi ini yaitu Battery Calibration. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mengkalibrasi baterai smartphone anda sehingga dapat kembali optimal.

Kenali daya baterai anda

Gunakan smarphone anda sesuai dengan kapasitas baterai yang dimiliki. Jika anda termasuk orang yang aktif dalam memakai smartphone, maka sebaiknya anda ganti smartphone anda atau beli yang baru.


Taruh di lemari pendingin

Anda dapat mencoba cara ini untuk memperbaiki baterai HP anda yang boros. Taruh baterai anda di plastik kedap udara (biasa buat obat), kemudian tarus di lemari pendingin (bukan freezer) semalaman. Nanti sebelum menggunakannya,, anda bungkus dulu dengan kain atau tisu beberapa menit, semoga embun tidak membasahi permukaan baterai.


Ganti baterai

Ini merupakan langkah terakhir kalau cara di atas tidak menuntaskan masalah. Perlu diingat, pilih baterai yang asli dan kapasitasnya harus sesuai dengan spesifikasi sebelumnya.



Artikel Terkait