Laas | Local Area Augmentation System

Saat ini dikenal sebagai Ground Based Augmentation System (GBAS), Sistem pendaratan sepanjang cuaca yg didasarkan pada Koreksi Diferensial Sinyal Real-Time. Penerima acuan lokal yg berada di bandara mengirim pengukuran ke unit pemrosesan terdekat, memakai pengukuran untuk merumuskan koreksi diferensial satelit GPS yg dilacak oleh Receiver Referensi.


Pengukuran Satelit serta Receiver dipantau untuk kesalahan potensial serta pengukuran kesalahan yg terdeteksi dikeluarkan dari koreksi diferensial. SBAS penyimpangan standar kesalahan tersisa sesudah koreksi diferensial diterapkan disertakan dengan Koreksi Diferensial.

LAAS menyiarkan pesan koreksi, Kemudian ditransmisikan ke pengguna melalui VHF Data Link. Penerima pesawat memakai gosip untuk memperbaiki Sinyal GPS, kemudian menyediakan Tampilan ILS Standar untuk dipakai ketika Pendekatan Presisi.

FAA berhenti memakai LAAS serta beralih ke terminologi Ground Augmentation System (GBAS).

FAA telah menunda rencana akuisisi GBAS federal, sistem sanggup dibeli oleh bandara serta dipasang. Sebagai dukungan Navigasi Non-Federal. Sistem LAAS dikenal sebagai sistem pembesaran berbasis tanah Ground-Based Augmentation System (GBAS).


LAAS menyiarkan pesan koreksi melalui Data-Link Radio Frekuensi Tinggi (VHF) dari pemancar berbasis darat. Akan menghasilkan akurasi, ketersediaan, serta integritas yg sangat tinggi yg dibutuhkan untuk Pendekatan Presisi 


Kategori I, II, serta III, serta akan memperlihatkan kemampuan pendekatan melengkung yg fleksibel. LAAS memperlihatkan akurasi kurang dari 1 meter baik pada sumbu Horisontal serta Vertikal.

GBAS dengan Standar penerbangan diidentifikasi dalam Standar ICAO serta Standard And Recommended Practices (SARPS), Lampiran 10 pada Navigasi Radio-Frekuensi memperlihatkan standar internasional untuk penambahan GPS untuk mendukung Pendaratan Presisi. 

GBAS memantau Satelit Global Navigation Satellite Systems (GNSS) serta memperlihatkan Pesan Koreksi kepada pengguna di sekitar stasiun GBAS.

Pemantauan memungkinkan GBAS mendeteksi sikap Satelit GPS yg anomali serta memperingatkan pengguna dalam kerangka waktu yg sesuai untuk penggunaan penerbangan.


Standar GBAS Hanya menambah frekuensi GNSS tunggal serta mendukung pendaratan ke CAT-I minima. Sistem GBAS diidentifikasi sebagai Approach Service Type C (GAST-C)., Draf persyaratan untuk sistem GAST-D sesertag dikaji oleh ICAO. 

Sistem GAST-D Akan mendukung operasi ke CAT-III minima. Organisasi yg melaksanakan penelitian Multi-Frekuensi GBAS. Upaya lain mengeksplorasi penambahan Koreksi Galileo untuk GBAS.


Honeywell Mengembangkan Non-Federal CAT-I GBAS yg mendapatkan System Design Approval (SDA) dari Federal Aviation Administration (FAA) pada September 2009. 

Instalasi GBAS
  ➤ Newark Liberty International Airport mencapai Operasional 28 September 2012.
  ➤ Bandara Houston Intercontinental mendapatkan Operasional 23 April 2013.

Sistem Honeywell dipasang secara internasional, dengan sistem operasional di Bremen, Jerman. Sistem perhiasan dipasang atau dalam proses pemasangan.






Artikel Terkait